Cara Mengenali Tanda Serangan Jantung dan Mencegahnya


Kurang lebih dalam 1-2 tahun kebelakang banyak kabar kematian yang mendadak baik dari kalangan artis ataupun para tokoh terkenal, yang diakibatkan karena serangan jantung. Masih belum lama adalah kematian Mike Mohede, penyanyi jebolan dari negara Indonesia Idol itu meninggal ketika sedang tidur.

Penyakit kardiovaskular kini telah menjadi penyebab utama kematian dan kecacatan di dunia , sampai saat ini yaitu lebih dari 17,5 juta jiwa yang telah meninggal setiap tahunnya. Penyakit jantung, atau penyakit pembuluh darah otak bahkan penyakit jantung pembuluh darah sekalipun sudah termasuk pada penyakit kardiovaskular.

Penyakit kardiovaskular ini umumnya sudah termasuk kedalam penyakit jantung koroner dan penyakit serebrovaskular. Mengontrol faktor risiko utamanya adalah dengan cara diet, sering berktivitas, jauhi rokok, dan tekanan darah yang bisa mengurangi risiko anda untuk terkena penyakit kardiovaskular.

YJI (Yayasan Jantung Indonesia) telah mengungkapkan beberapa serangan jantung yang terjadi secara tiba-tiba dan intens. Namun sebagian besar penyakit serangan jantung ini mulai perlahan-lahan, dengan rasa nyeri yang ringan atau ketidaknyamanan. Seringkalli orang yang terkena penyakit ini tidak yakin dengan apa yang salah dan menunggu terlalu lama sebelum mendapatkan bantuan.

Berikut dibawah ini merupakan tanda-tanda untuk mengurangi risiko terhadap serangan jantung yang sering terjadi.
  • Munculnya rasa ketidaknyamanan pada dada sebelah kiri. Kebanyakan serangan jantung ini melibatkan ketidaknyamanan di tengan dada dan kiri yang berlangsung beberapa menit saja. Hal ini bisa merasa seperti tekanan yang tidak nyaman, meremas, kepenuhan atau nyeri.
  • Ketidaknyaman  di area lain pada tubuh bagian atas. Tandanya dapat seperti rasa sakit pada satu tangan atau kedua lengan, leher, punggung, perut atau rahang.
  • Sesak nafas
  • Tanda lainya mungkin termasuk keluarnya keringat dingin, pusing kepala dan mual.
Serangan jantung sering juga menampakkan diri secara berbeda pada seorang wanita dibandingkan pada seorang pria. Seperti pada kaum laki-laki, gejala serangan jantung yang paling umum pada wanita adalah nyeri dada atau munculnya rasa ketidaknyamanan. akan tetapi pada wanita lebih mungkin dibandingan dengan seorang pria untuk mengalami beberapa gejala umum lainnya, terutama sesak nafas, mual/muntah dan sakit punggung.

YJI terus mengajak masyarakat untuk mewaspadai segela jenis serangan jantung dengan menjaga pola hidup sehat, seperi berolahraga secara rutin melakukan pemeriksaan kesehatan. Seperti yang dianjurkan oleh YJI melalui Panca Usaha Jantung Sehat yaitu :
  • Jauhi asap rokok
  • Seimbangkan gizi
  • Awasi tekanan darah
  • Hadapi stress
  • Teratur berolahraga

Artikel Terkait Cara Mengenali Tanda Serangan Jantung dan Mencegahnya :