Gejala Irama Jantung yang Tidak Normal


Detak jantung tidak tidak normal?? Jangan pernah anggap sepele karena bisa jadi tanda penyakit tersebut atrium (AF) atau kelainan irama jantung. Dokter spesialis jantung dan pembuluh darah yaitu Yoga Yuniadi telah mengungkapkan beberapa cintoh iramaa organ jantung yang tidak regular.

"Contohnya denyut jantung seperti ada yang hilang atau melemah. Itu bisa jadi adanya tanda fibrilasi atrium" ujar Yaoga dalam diskusi media di pusat jantung nasional harapan kita.

Denyut jantung yang mengjhilang daam waktu yang memang cukup panjang akan mengakibatkan tubuh terasa seperti melayang. Irama yang tidak beraturan bisa membuat denyut jantung seperti terasa  mainn drum.

Mengapa aada aktivitas fisik yang bisa membuat jantung berdetak cepat. Bedanya pada kondisi FA denyut yang berdebar cepat datangnya secara tiba-tiba.

"Kalau setelah berolahraga denyutnya akan cepat, itu normal, apabila sedang ketakutan lalu berdebar juga normal. Jadi berdebarnya bukan dalam keadaan fisiologis normal begitu." jelas Yoga.

Untuk memastikan bahwa denyut nadi kita normal atau engga, bisa kita lakukan dengan cara pemeriksaan denyut nadi dengan menempelkan tiga jari di pergelangan tangan.

Kondisi FA tidak hanya ditentukan oleh irama jantung yang tidak beraturan. Perlu dilakukkan pemeriksaan lebih lanjut untuk memastikan diagnosanya.

Yoga juga menjelaskan, bahwa organ jantung berdenyut karena adanya sistem listrik jantung. Namun saat listrik jantung muncul dari banyak sumber, denyut pun menjadi tidak normal. Banyak faktor munculnya FA. selain akibat faktor usia, risiko FA juga meningkat karena adanya penyakit kronis.

Gejala FA perlu kita perhatikan sejak dini mungkim karena bisa meningkatkan risiko penyakit stroke. Sayangnya menurun yoga banyak orang yang mengabaikan gangguan irama jantung. Apalagi adanya kelainan irama jantung bisa hilang dan muncul atau tidak menetap.

"Apabila denyut tidak beraturan, kebanyakan orang diam saja. Mereka berpikir bahwa tidak apa-apa. paling juga karena cepek" jelas Yoga. Menurut Yoga, apabila pernah mengalami irama jantung yang tidak beraturan sebaiknya dipastikan penyebab dan kontrol.

Artikel Terkait Gejala Irama Jantung yang Tidak Normal :