Penyebab Jantung Lemah Pada Usia Dini


Jantung merupakan organ yang paling penting dari manusia. Tidak bisa dibayangkan apabila organ jantung yang selama ini selalu bekerja tanpa rasa lelah tiba-tiba berhenti karena adanya sesuatu gangguan. Ada banyak sekali gangguan yang dapat mengakibatkan organ jantung berhenti bekerja. Maka dari itu alangkah baiknya apabila kita mengetahui satu faktor penyebab organ jantung melemah.

Lemahnya organ jantung merupakan suatu kondisi dimana jantung dalam keadaan yang tidak prima atau kinerjanya telah menurun. Bagian vital yang diperlukan untuk memompa darah keseluruh bagian tubuh ini tidak boleh terjadi kerusakan. Menurunya daya kerja organ jantung ini akan mampu memberikan dampak yang tidak baik dan bahkan sangat buruk untuk kesehatan tubuh.

Jantung lemah ini terjadi saat bagian jantung terjadi penyumbatan pada salah satu pembuluh darahnya. Dengan adanya penyumbatan ini, maka aliran darah tidak bisa bekerja dengan normal. Banyak hal yang menjadi faktor penyebab lemahnya jantung pada usia dini. Berikut dibawah ini adalah beberapa faktor penyebab organ jantung melemah yang paling umum:

* Faktor keturunan

Faktor genetik atau keturunan ini telah menjadi hal yang tidak bisa ditolak dari kerberadaannya dalam mengidap penyakit jantung lemah. Apabila salah satu anggota keluarga anda contohnya seperti orang tua atau kakek dan nenek yang pernah mengalami penyakit jantung lemah ini, maka kemungkinan besar penyakit jantung lemah ini juga akan menimpa pada keturunannya.

* Keadaan jantung yang tidak prima

Kemampuan jantung untuk menjalankan tugasnya dan sari makanan yang terkandung di dalamnya akan mengalami penurunan kualitas apabila organ jantung sedang mengalami gangguan. Keadaan jantung yang tidak prima bisa disebabkan oleh berkurangnya oksigen yang disebabkan oleh penyempitan pembuluh darah. Kekurangan oksigen ini jika berlangsung lama bisa mengakibatkan matinya jaringan pada otot jantung, karena otot jantung tidak mengalami degenerasi otot seperti otot-otot yang lainnya. Hal ini akan membuat proses pemompaan darah yang dilakukan juga akan menurun. Degupan jantung juga bisa menyebabkan terjadinya jantung lemah. Jantung yang sering dirasakan berdebar-debar juga merupakan pertanda bahwa organ jantung sedang dalam keadaan tidak prima.

* Keadaan darah

Keadaan darah juga bisa memberikan pengaruh pada kualitas kinerja jantung. Apabila seseorang mengalami tekanan darah tinggi atau kurang darah, maka hal tersebut akan mempengaruhi aliran darah yang dihasilkan.
Penjelasan tentang faktor penyebab jantung lemah pada usia dini sangat diperlukan untuk menambah informasi bagi anda.

Artikel Terkait Penyebab Jantung Lemah Pada Usia Dini :