Gejala Ringan yang Menjadi Pertanda Adanya Penyakit Jantung


Sampai saat ini, penyakit jantung masih menempati urutan pertama  yang paling mematatiken. Maka dari itu, banyak orang yang mewaspadai berbagai gejala penyakit jantung seperti mual, nyeri dada, berkeringat  dan jantung berdebar hingga lemas.

Aan tetapi, ada juga orang yang bisa menyaari bahwa ada beberapa gejala lain yang terlihat sepele namun ternyata sangat memerluakan pertanda bahwa jantung dalam kondisi Berbahaya.  Berikut dibawah ini adalah lima gejala penyakit jantung yang sangat jarang disadari oleh penderita sakit jantung.

Bau mulut

Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan bau mulut terjadi, seperti makanan. Namun anda juga perlu mewaspadai tentang bau mulut apabila bau mulut yang anda alami berasal dari penyakit gusi. Pasalnya kondisi tersebut bisa menjadi infikasi adanya masalah pada organ jantung anda. Penyakit gusi biasanya akan menyebabkan inflamasi yang kemudian bisa berujung pada penyakit jantung dan stroke.

Menguap saat olahraga

Penelitian dari SUNY Albany telah menemukan bahwa menguap bisa mendorong oksigenasi daerah dan pendinginan otak. Berdasarkan temuan tersebut, menguap saat berolahraga merupakan hal yang masuk akal terjadi. Namun akan tetapi, anda perlu waspada saat anda sering menguap saat melakukan aktivitas fisik. Pasalnya frekuensi menguap yang cukup sering ketika berolahraga atau melakukan aktivitas fisik ini merupakan pertanda bahwa pusan pendinginan tubuh tidak bekerja secara efektif.

Pusing saat berdiri

Pusing setelah berdiri dikenal dengan istilah hipotensi ortostatik. Biasanya pusing yang hanya bersifat sementara dan berlangsung dalam kurun waktu beberapa detik saja. Akan tetapi anda perlu mewaspadai apabila rasa pusing yang muncul setelah anda berdiri ini berlangsung beberapa menit.

Pusing yang berlangsung dengan waktu yang cukup lama ini bisa mengindikasikan adanya masalah dalam peredaran darah. Di samping itu penelitian juga telah menunjukkan bahwa individu yang merasakan pusing dalam waktu lama setelah berdiri memiliki risiko gagal jantung hingga 54% dikemudian hari.

Cuping mengerut

Walaupun terdengan tidak biasa, kerutan cuping pada teling bisa mengindikasikan adanya masalah pada organ jantung. Adanya lipatan diagonal pada kedua telinga ini bisa menjadi pertanda bahwa jantung tidak bekerja dalam keadaan normal. Beberapa penelitian juga telah menemukan bahwa lipatan diagonal pada cuping ini bisa menjadi pertanda adanya penyumbatan pada pembuluh darah hingga masalah jantung lainnya.

Jari manis yang gemuk

Penelitian menemukkan bahwa jari manis yang gemuk dan besarnya menyerupai telunjuk iti bisa menjadi pertanda adanya penyakit jantung. Dalam penelitian ini diketahu bahwa individu yang memiliki jari manis gemuk ini berisiko terjena penyakit jantung lebih besar saat memasuki usia 40-50 tahun. Pertanda ini diketahui lebih akurat apabila diterapkan kepada seorang pria dibandingkan pada wanita.

Artikel Terkait Gejala Ringan yang Menjadi Pertanda Adanya Penyakit Jantung :