Meningkatkan Fungsi Jantung Dengan Vitamin D


Sebuah studi yang masih baru-baru ini telah menemukan bahwa dosis harian Vitamin D3 secara signifikan bisa meningkatkan fungsi jantung bagi orang yang mengalami gagal jantung kronis.

Lebih dari 160 pasien penderita gagal jantung berpartisipasi dalam studi lima tahun di Universitas Leeds School of Medicine. Mereka telah menggunakan perawatan seperti beta blockers, Ace inhibitor dan alat pacu jantung. Satu kelompok pasien penderita gagal jantung mengonsumsi tablet Vitamin D setiap hari selama satu tahun. dan kelompok yang kedua mengambil plasebo. Para anggota kelompok vitamin D merasakan fungsi memompa organ jantung mereka meningkat dari 26% mmenjadi 34%.

Dr Klaus Witte dosen senior di bidang teknologi di Universitas sekaligus pemimpin penelitian ini, telah mengatakan temuan ini bisa membuat perbedaan yang begitu signifikan dalan melakukan perawata pada pasien penderita gagal jantung.

"Ini merupakan bukti pertama bahwa Vitamin D3 ini mampu meningkatkn fungsi organ jantung orang dengan kelemahan otot jantung yang biasa dikenal sebagai gagal jantung" kata Witte.

Hasil dari penelitian ini memberikan harapan bahwa dosis harian dari Vitamin D ini mampu mengurangi kebutuhan pasien gagal jantung, yang perlu dilengkapi dengan implan cardioverter defibrillator (ICD). ICD merupakan perangkat mahan yang bisa mendeteksi irama jantung yang tidak teratur dan mengembalikan detak jantung ke irama yang normal.

Sekitar 23 juta orang di seluruh dunia dengan keluhan gagal jantung. Gagal jantung ini bisa mempengaruhi orang-orang dari segala usia, tetapi lebih sering terjadi pada orang usia lanjut. Lebih dari setengah dari semua orang dengan gagal jantung berusia 75 tahun atau lebih tua.
Baca Juga : Ciri-ciri Penyakit Jantung Di Usia Muda

Artikel Terkait Meningkatkan Fungsi Jantung Dengan Vitamin D :