Minum Teh Baik untuk Kesehatan Jantung


Sebuah penilitian baru-baru ini menganjurkan untuk meminum secangkir teh setiap hari untuk menjaga kesehatan jantung. Studi ini menemukan bahwa orang yang minum secangkir teh setiap hari, 35% lebih kecil kemungkinannya untuk mengalami serangan jantung atau terkena penyakit jantung koroner.

Studi ini juga telah menemukan bahwa peminum teh kurang mungkin akan memiliki penumpukan kalsium di arteri koroner jantung. Deposit kalsium telah dikaitkan dengan kondisi yang serius, contohnya seperti penyakit jantung dan stroke.

"Kami menemukan bahwa peminum teh moderat memiliki penurunan kalsium arteri koroner dan penurunan kejadian kardiovaskular" ujar peneliti Dr. Elliott Miller

Menurutnya ini merupakan studi observasional. Para peneliti tidak bisa memastikan apakah ini hanya gaya hidup sehat dari peminum teh yang memberikan dampak positif terhadap jantung mereka.

Untuk penelitian ini, Dr. Miller dan timnya melihat data lebih dari 6.000 laki-laki dan wanita yang terdaftar dalam studi yang dimulai pada tahun 2000. Pada awal penelitian, semua relawan bebas dari penyakit jantung.

Para peneliti melacak catatan dari seorang pria dan wanita untuk melihat sipa yang memiliki serangan jantung, stroke, nyeri dada atau mati akibat dari jenis penyakit jantung lebih dari 11 tahun. Para peneliti juga mengukur endapan kalsium di pembuluh darah sela lima tahun dengan membandingkan CT scan sebelumnya.

Studi ini menemukan bahwa orang yang meminum secangkir teh setiap harinya maka akan memiliki risiko sekitar sepertiga kurang dari event penyakit jantung utama selama periode penelitian dibandingkan dengan orang yang tidak sama sekali meminum teh. Peminum teh ini yakni mereka yang minum satu sampai tiga cangkir sehari juga menunjukkan penurunan penumpukan kalsium di arteri mereka.
"Teh rendah kalori dan merupakan pilihan minuman yang baik selama anda tidak menambahnya dengan banyak gula" tutup Miller

Artikel Terkait Minum Teh Baik untuk Kesehatan Jantung :